Minggu, 27 Februari 2011


Kasus 4 : Cracking

Modus
Bermula dari masalah perebutan pulau Ambalat antara Indonesia dan Malaysia, dalam dunia nyata kedua negara menyiapkan armada di seputar Ambalat. Dalam dunia maya. Perang cyber langsung meletus, para cracker Indonesia menyerang situs – situs Malaysia dengan maksud untuk merusak situs – situs Malaysia

Masalah Ambalat menyulut ketegangan hubungan Indonesia Malaysia. Dua negara bertetangga ini sudah menyiagakan armada perang. Namun, keduanya masih menahan diri dan berusaha mencari jalan damai. Dalam dunia nyata, situasi masih terkendali. Tapi tidak demikian dengan dunia maya. Perang cyber langsung meletus beberapa hari setelah pemerintah kedua negara menyiapkan armada di seputar Ambalat.
Serangan dimulai oleh cracker Indonesia sekitar. Cracker merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan orang yang melakukan tindakan memasuki sistem keamanan komputer dan kemudian mengubah tampilan hingga melakukan perusakan. Beberapa situs diserang sekaligus, di antaranya milik kantor Negara bagian terbesar di Malaysia, Sultan Perak. Para cracker mengubah tampilan dengan membubuhkan kalimat 'Indonesia bersatu dan jangan ganggu tanah airku' dengan latar belakang bendera merah putih. Dalam situs itu ditinggalkan pula lima sila Pancasila. Cracker itu kemudian meninggalkan identitas diri, yaitu Kupuuss.

Penyelesaian
Dimulai dari ketegangan hubungan Indonesia dan Malaysia, Craker Indonesia menyerah situs – situs Malaysia, kemudian mengubah tampilan hingga melakukan perusakan. untuk menanggulangi hal tersebut, sebaiknya Malaysia melakukan pengamanan sistem secara terintegrasi sangat diperlukan untuk meminimalisasikan kemungkinan perusakan tersebut.

Sumber :
http://www.scribd.com/doc/1250132/Perkembangan-Cybercrime-di-Indonesia
http://moduskejahatan.blogspot.com/2008/06/cyber-crime-di-perusahaan-online.html
http://www.teka-09.co.cc/2010/10/beberapa-contoh-kasus-cyber-crime-di.html
http://moduskejahatan.blogspot.com/2008/06/transaksi-seks-modus-baru kejahatan.html
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar